Cara Memberi Pakan Lovebird Ternak

Sekarang di Indonesia sedang demam lovebird, jenis burung yang satu ini kerap kali ditemukan di berbagai pasar burung. Lovebird banyak diminati karena cara pemeliharaannya yang mudah untuk diternakkan. Selain itu warnanya yang memiliki daya tari sendiri membuat harganya melambung, sehingga tidak heran kalau anakan burung lovebird yang mempunyai bulu nyeleneh harganya bisa selangit.

Disini saya akan menjelaskan tentang cara memberi pakan yang benar untuk lovebird yang akan kalian ternak. Selain memberi pakan yang benar anda harus merawatnya dengan sesuka hati. Jangan ambisi untuk cepat mendapatkan hasil, karena burung ini mudah dan tidak akan berproduksi ketika anda tidak merawatnya dengan benar.

lovebird

Pertama ketika lovebird anda sudah jodoh atau sudah saling menyukai, pakan yang harus anda berika setiap hari adalah sayur kangkung dan toge atau kecambah. Sayur kangkung gunanya untuk membuat burung tersebut cepat birahi dan mau ngentot dengan pasangannya. Selain itu anda juga bisa menambahkan kecambah atau toge dengan tujuan agar sperma yang dihasilkan oleh si pejantan lebih kental dan bisa membuahi sel telur si betina.

Anda bisa menambahkan pakan jenis milet yang sudah dicampur dengan canary seed, tujuannya sama agar lovebird yang sudah jodoh cepat kawin atau ngentot. Anda bisa membeli pakan jenis ini di toko perlengkapan burung dekat tempat tinggal anda. Hampir semua toko pakan burung menjualnya karena beternak lovebird bukan hal yang asing lagi.

Ingat jangan sekali2 memberi pakan jagung muda ketika lovebird yang anda ingin ternak sudah kawin. Karena bisa-bisa akan membuat organ reproduksi si betina menjadi berlemak, sehingga menyusahkannya ketika akan bertelur.

Anda bisa menambahkan batu bata putih ke dalam kurung tersebut, tempatkanlah di dekat glodoknya. Burung tersebut akan mengikis batu bata sampai tipis, hal ini bertujuan agar cangkang telur yang dihasilkan tidak mudah pecah. Dan membuat cangkangnya lebih kuat dan tebal.

Setelah burung lovebird bertelur anda harus menunggunya kurang lebih selama 25 hari. Di masa ini anda bisa memberi pakan milet putih dan merah dengan campuran canary seed. Untuk camilannya sendiri berilah buah-buahan segar seperti apel merah dan jagung muda. Tujuannya adalah agar kondisi si betina tetap bugar dan vit ketika dalam masa mengerami telur sampai menetas.

Setelah telur burung tersebut anda harus memberi pakan jagung muda setiap hari. Agar sang betina da pejantan bisa meloloh anaknya yang ada di dalam glodok. Tunggulah sampai 3 minggu baru anda bisa mengambil anakan tersebut dari glodok dan memberinya pakan dengan melolohnya sendiri.

Anda bisa memberi pakan indukan lovebird tersebut seperti semula sesuai yang sudah saya jelaskan diatas. Agar indukan tersebut bisa berproduksi kembali. Bagitulah cara memberi pakan indukan lovebird dengan benar. Cukup mudah dan tidak begitu mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s